Senin, 14 Desember 2009

Aplikasi Pengenalan Olah Raga Futsal Dengan Menggunakan Macromedia Flash mx

Seiring dengan kemajuan teknologi, informasi yang tepat dan cepat sangat diperlukan oleh masyarakat. Seluruh kegiatan memerlukan informasi, informasi dapat diperoleh melalui berbagai media, baik media cetak ( koran, majalh, dan sebaginya ) ataupun media elektronik ( televisi, radio dan komputer ). Dan olah raga juga tidak terlepas dari kehidupan manusia, dengan hal ini maka dibutuhkan penyesuaian untuk mengimbangi kemajuan teknologi dan komputer. Maka dunia olah raga harus menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologinya, dengan kemajuan komputer kita mencoba memanfaatkan ini untuk membuat suatu “Aplikasi Pengenalan Olah Raga Futsal Dengan Menggunakan Macromedia Flash Mx”, agar banyak orang yang memahami sehingga perkembangan olah raga futsal di Indonesia dapat lebih maju dan dikenal oleh masyarakat luas.

Langkah-langkah rincian pembuatan aplikasi ini seperti dribbling bola, cara menendang bola dan semua yang berhubungan dengan olah raga futsal seperti peralatan, peraturan, dan lapangan dengan beberapa langkah melalui program aplikasi Macromedia Flash MX.

Dalam permainan futsal ada beberapa peraturan yang diterbitkan oleh FIFA yaitu terdiri dari 18 aturan, ada yang baku dan ada yang mengalami penyesuaian dengan keadaan yang dibutuhkan. Peraturan permaina futsal ini berbeda dengan peraturan sepak bola dilapangan rumput. Sebagai contoh :

1. Lapangan futsal :

· Ukuran lapangan : panjang 25-42 meter dab lebar 15-25 meter

· Garis batas : garis selebar 8 cm, yakni gais sentuh di sisi garis gawang.

· Garis tengah lapangan 3 meter (linkar tengan).

· Daerah pinalti : busur berukuran 6 meter dari setiap pos

· Garis penalti kedua : 12 meter dari titik tengah garis gawang

· Permukaan lapangan : halus,rata dan tidak abrasive

2. Bola futsal :

· Ukuran bola : #4

· Keliling : 62-64 cm

· Berat 390-430 gram

· Lambungan : 55-65cm pada pantulan pertama

· Bahan : kulit atau bahan yang cocok lainnya(yaitu, tak berbahaya)

3. Jumlah pemain :

· Jumlah pemain maksimal untuk memulai pertandingan adalah 5 orang dan salah satunya penjaga gawang

· Jumlah pemain cadangan maksimal 7 orang

· Batas jumlah pergantian pemain tak terbatas

· Metode pergantian yaitu “pergantian melayang” ( semua pemain kecuali penjaga gawang boleh memasuki dan meninggalkan lapangan kapan saja; pergantian penjaga gawang hanya dapat dilakukan jika bola tidak sedang dimainkan dan dengan persetujuan wasit).

4. Lama permainan :

· Lama permainan futsal 20 menit, waktu berhenti ketika bola berhenti Dimainkan.

· Time out: dapat dilakukan per regu yaitu satu kali dalam satu babak

5. Gawang :

· Ukuran tiang gawang yaitu : tinggi 2 meter dan lebar 3 meter

6. Peraturan pertandingan :

· Kick off dilakukan dari titik tengah lapangan dengan garis lingkar 3 meter

· Kick in atau tendangan kedalam dilakukan jika bola melewati garis. Dalam melakukan kick in, bola harus berada diatas garis, dan kedua kaki tidak boleh menginjak garis atau didalam lapangan. Batas waktu pada saat kick in = 4 detik. Apabila melanggar maka kick in akan diganti oleh lawan.

· Corner kick atau tendangan sudut dilakukan apabila bola keluar dan menganai pemain yang ada diwilayahnya sendiri.

Pada aplikasi ini ada beberapa rancangan tampilan di antaranya :

1. Rancangan Tampilan Tampilan Scene Opening

Pada scene pembukaan ini terdapat video pemain dunia yang sedang bermain futsal. Dan disediakan tombol masuk, untuk mulai.

2. Rancangan Tampilan Menu Utama

Tampilan menu utama terdiri dari beberapa menu yang dapat membuka halaman lain seperti Scene sejarah, perlengkapan, peraturan, teknik dasar dan profil. Dan disediakan juga tombol untuk keluar.

3. Rancangan Tampilan Sejarah

Rancangan scene ini akan menampilakan sejarah dalam permainan futsal. Dan disediakan pula tombol untuk kembali ke menu utama.

4. Rancangan Tampilan Perlengkapan

Rancangan scene ini akan menampilakan perlengkapan dalam permainan futsal. Dan disediakan pula tombol untuk kembali ke menu utama.

5. Rancangan Tampilan Peraturan-Peraturan Permainan Futsal

Pada scene peraturan-peraturan permainan futsal ini akan ditampilkan beberapa peraturan yang diberlakukan dalam permainan futsal. Berikut adalah rancangannya.

6. Rancangan Tampilan Teknik Dasar

Rancangan scene ini akan menampilakan video teknik dasar dalam sepak bola atau permainan futsal. Dan disediakan pula tombol untuk kembali ke menu utama.

7. Rancangan Tampilan Profil

Rancangan scene ini akan menampilakan profil dari penulis. Dan disediakan pula tombol untuk kembali ke menu utama.

Langkah-langkah Pembuatan Aplikasi :

Cara Pembuatan yaitu Scene Opening :

1. Macromedia Flash MX dibuka dengan cara menekan :

- Tombol Start

- Program

- Macromedia

- Macromedia Flash MX. Kemudian nama scene di rubah dari scene 1 menjadi Opening dengan

cara mengklik 2 kali (double kick).

2. Memasukkan video, untuk mengimport video kedalam stage atau scene dilakukan dengan cara

- klik file

- import to library, lalu pilih file video yang akan dimasukkan.

3. Membuat tombol masuk:

- klik insert

- new symbol

- button.

4. Setelah semua komponen dimasukkan, langkah selanjutnya adalah masukkan tombol masuk dengan memberi action script dengan cara :

- klik action-button

- action

- movie control

- goto

- scene menu utama

Cara Pembuatan Scene Menu Utama :

1. Pertama tambahkan scene baru dengan menekan tanda (+) pada property scene. Lalu rubah nama scene 2 menjadi Menu Utama.

2. Pada pembuatan halaman menu utama ini diawali dengan memasukan gambar shapeimage_1.jpg sebagai background. Gambar yang akan dijadikan background, dimasukan dengan cara

- memilih menu menu File

- Import, kemudian pilih file gambar bola dengan format JPG dengan menekan tombol OK.

3. Masukkan tombol sejarah, teknik dasar permainan, tombol peraturan permainan, tombol profil dan tombol untuk keluar dari aplikasi, dengan cara

- menekan insert

- new symbol

- button.

4. Langkah selanjutnya adalah memasukkan action script pada tiap tombol dengan cara

- menekan action-button

- action

- movie control

- goto

- scene peraturan permainan

- frame1.

Pembuatan Scene Sejarah, Scene Perlengkapan, Scene Peraturan Dan Scene Profil akan dijadikan satu langkah karena cara pembuatannya sama.

1. Pertama tambahkan scene baru dengan menekan tanda (+) pada property scene. Lalu rubah nama scene 3,4,5 dan 7 menjadi Scene Sejarah, Scene Perlengkapan, Scene Peraturan dan Scene Profil

2. Pembuatan pada semua scene ini diawali dengan memasukkan gambar background. Dengan cara :

- menu File

- Import, kemudian pilih file gambar yang telah di tentukan dengan format JPG dengan menekan tombol OK.

3. Kemudian masukkan tombol kembali dengan cara :

- menekan insert

- new symbol

- button.

4. Kemudian setelah semua komponen dimasukkan, langkah selanjutnya adalah memasukkan action script dengan cara:

- menekan action-button

- action

- movie control

- goto

- scene peraturan permainan

- frame1. Tampilan akhirnya adalah sebagai berikut :

Cara Pembuatan Scene Teknik Dasar Permainan :

1. Pertama tambahkan scene baru dengan menekan tanda (+) pada property scene. Lalu rubah nama scene 3 menjadi Teknik Dasar Permainan.

2. Memasukkan gambar ball.jpg sebagai background dengan cara memilih:

- menu File

- Import, pilih gambar bola dengan format PNG dengan tekan tombol OK.

3. Selanjutnya adalah memasukan video kedalam library flash. Langkah memasukan video adalah dengan menekan ctrl + R untuk mengimpor video yang akan kita masukan, yang terdapat pada file video ke area stage. Terlihat pada gambar 3.33 dialog import untuk memasukan video.

4. Kemudian masukkan tombol passing, dribbling, heading, vollying dan tombol kembali, dengan cara

- menekan insert

- new symbol

- button.

5. Langkah selanjutnya adalah memasukkan action script pada tiap tombol dengan cara

- menekan action-button

- action

- movie control

- goto

- scene peraturan permainan

- frame1. Tampilan akhirnya adalah sebagai berikut :

Spesifikasi Hardware dan Software

Spesifikasi Hardware

Pada pembuatan aplikasi ini mengunakan komputer dengan spesifikasi sebagai berikut :

1. Prosesor Intel Pentium IV

2. Memori RAM 512 MB

3. Hardisk 120 GB

4. VGA Card GeforceFX 5200 128 MB

5. Monitor 17” LG

6. CD ROM

Aplikasi ini dapat dijalankan dengan Komputer dengan spefikasi minimal :

1. Prosesor Intel/AMD/Cyrix dengan speed 200.

2. Memori RAM 64 MB

3. Hardisk dengan kapasitas kosong 85 GB

4. Mouse Dan Keyboard

5. Monitor 14” VGA

6. CD ROM

Spesifikasi Software

Sedangkan software yang digunakan untuk menyelesaikan penulisan ini baik pembuatan situsnya ataupun dokumentasinya adalah sebagai berikut :

1. Sistem Operasi Microsoft Windows 2000 Profesional.

2. Adobe Photoshop V7.0

3. Macromedia Flash MX

Tidak ada komentar:

Posting Komentar